PENERAPAN AKUNTANSI PERPAJAKAN PT INDOFOOD CBP SUKSES MAKMUR TBK

Authors

  • Risma  Anik

DOI:

https://doi.org/10.60006/graha.v8i2.40

Keywords:

Pajak Pertambahan Nilai, PPN Masukan, PPN keluaran

Abstract

Akuntansi perpajakan merupakan sebuah aktivitas yang menghasilkan sebuah informasi dan dijadikan sebagai sarana komunikasi dengan pihak pihak berkepentingan. Pajak merupakan salah satu penerimaan dalam negara yang digunakan untuk pembangunan. Pajak Pertambahan Nilai merupakan pajak yang diperoleh secara tidak langsung dan dikenakan pada barang dan jasa. PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk Merupakan perusahaan yang sudah dikukuhkan sebagai pengusaha kena pajak yang wajib membayar pajak dengan tarif yang sesuai dengan UU no.42 tahun 2009. Dalam menerapkan akuntansi perpajakan wajib pajak harus mengetahui salah satunya Pajak Pertambahan Nilai. Dimana pajak pertambahan nilai diketahui dari pajak masukan dan keluaran. Pajak masukan terjadi ketika PKP melakukan pembelian atas barang atupun jasa. Pajak Keluaran terjadi ketika PKP melakukan penjualan barang ataupun jasa. Hasil dari penelitian bahwa PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk menggunakan tarif 10% sesuai UU yang berlaku. Melaporkan pajak terutang sesuai perhitungan akuntansi perpajakan dan menggunakana atas Dasar Pengenaan Pajak yang dimana di kenakan sebesar 10%.

References

Agustina, N. Z., & Hartono, D. (2022). Dampak Perubahan Tarif Pajak Penghasilan Badan Dan Pajak Pertambahan Nilai Di Indonesia. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 6(4), 456–475.

Oktober, E., Akutansi, P. S., Akuntansi, A., Harahap, E., Perpajakan, P., Pajak, S., Pelayanan, K., & Pajak, K. W. (2021). Peningkatan Kepatuhan Wajib Pajak UMKM di Kota Semarang. 10(2).

Putri, D. H., & Wijaya, S. (2022).

Pajak Pertambahan Nilai Final: Belajar Dari

Tahun, P. K., Widowati, L., Kurniawati, A., & Andelina, M.

W. (2022). Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi PENGELUARAN KAS PADA KLINIK PRATAMA AZZAHRA PENDAHULUAN Perkembangan ekonomi dan dunia usaha telah menimbulkan persaingan yang sagat industri dampak tajam , demikian pula dengan sebagai bidang terkesan sangat mahal . akunt. 7(2), 124– 139.

Waluyo (2009 ) Pajak Pertambahan Nilai-Faktur Pajak - karakteristik

PRATAMA AZZAHRA PENDAHULUAN

Perkembangan ekonomi dan dunia usaha telah menimbulkan persaingan yang sagat industri dampak tajam , demikian pula dengan sebagai bidang terkesan sangat mahal . akunt. 7(2), 124–

Waluyo (2009 ) Pajak Pertambahan Nilai-Faktur Pajak - karakteristik

Downloads

Published

2023-10-30

Issue

Section

Articles